Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

243. Studi Komparasi Pembelajaran Inquiry Dengan Pembelajaran Tradisional Pada Pokok Bahasan Transformasi Terhadap Hasil Prestasi Belajar Siswa


ABSTRAK

Tujuan utama model pembelajaran adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu guru harus memiliki model pembelajaran yang tepat agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Model pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang berorientasi mengajarkan keterampilan kerjasama kelompok pada siswa. Model pembelajaran kooperatif struktural adalah model yang memberi penekanan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk memenuhi pola interaksi. Model pembelajaran kooperatif struktural terdapat beberapa model/variasi salah satunya model pembelajaran kooperatif struktural numbered-head-together. Dalam model pembelajaran kooperatif struktural numbered-head-together terdapat empat langkah yaitu, Langkah-1: Penomoran, yaitu guru membagi siswa kedalam kelompok beranggota 3-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5. Langkah-2: Mengajukan pertanyaan, yaitu guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa. Langkah-3: Berpikir bersama, yaitu siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan menyakinkan setiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban itu. Langkah-4: Menjawab, yaitu guru memanggil satu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengangkat tangan dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural numbered-head-together. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural Numbered-head-together terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember tahun pelajaran 2005/2006.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vlll SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember tahun pelajaran 2005/2006. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut terpilih kelas VlllA sebagai kelas eksperimen dan kelas VlllC sebagai kelas kontrol.

Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik dokumentasi dan teknik tes. Materi tes yang digunakan terlebih dahulu diuji cobakan kepada kelas uji coba. Dari hasil uji coba kemudian dianalisis tentang validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis tersebut digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa.

Data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t dua pihak, yang perhitungannya dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program aplikasi SPSS release 12.00 for Windows. Adapun kriteria keputusan pengujiannya adalah terima H0 jika –ttabel< thitung < ttabel dan tolak H0 jika -thitung  -ttabel atau thitung  ttabel, dengan derajat bebas (db) = 84 dan taraf signifikansi = 0,05.
Hasil perhitungan statistik diperoleh thitung = 6,023, sedangkan nilai kriteria untuk db = 84 dan = 0,05 diperoleh ttabel= 1,99. Berdasarkan kriteria keputusan thitung = 6,023  ttabel = 1,99 yang berarti menolak H0 atau terima H1. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural numbered-head-together terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember tahun pelajaran 2005/2006.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi