Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

30. Al Anashir Al Dakhiliyah Fi Riwayah Wa Islamah Li 'Ali Ahmad Bakatsir

ABSTRAK

Unsur  intrinsik  adalah  unsur  yang  membentuk  suatu  cerita  seperti  dalam cerpen atau novel selain dari unsur ekstrinsik. Keduanya termasuk dalam kajian ilmu sastra. Sebagaimana definisi novel yaitu cerita yang memiliki unsur intrinsik maupun ekstrinsik. Masing-masing unsur, memiliki fungsi yang berbeda. Istilah intrinsik, mengandung kata “in”, termasuk istilah Inggris yang berarti “dalam”. Jadi, unsur intrinsik adalah unsur-unsur pembentuk yang ada dalam cerita dan membangun susunannya secara keseluruhan, terdiri dari; tema, latar, pesan, penokohan, kejadian (konflik), alur dan jalan keluar.
Objek dalam penelitian ini adalah sebuah novel sejarah “Wa Islamah” karya Ali Ahmad Bakatsir dan sumber data berasal dari novel yang sama. Novel ini menceritakan tentang perjuangan kaum muslimin melawan pasukan Tatar serta kisah cinta antara Saifuddin Qutuz (Mahmud) dan Julnar (Jihad). Yang berakhir dengan kematian Julnar karena melindungi Qutuz dari serangan seorang pemuda Tatar yang menjadi budaknya pada peperangan „Ain Jalut. Dan kemenangan kaum muslimin di bawah kepemimpinan Qutuz sebagai Sultan Mesir. Serta meninggalnya Qutuz ditangan Baibars, sahabat baiknya. Akibat kesalahpahaman Baibars yang telah dirongrong sekutunya (para amir al-Shalihiyyah) dan menyangka Qutuz akan membunuhnya, padahal hendak menjadikannya sebagai Sultan Mesir menggantikan kedudukannya.
Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah, bagaimana bentuk unsur intrinsik dalam  novel  “Wa  Islamah” karya  Ali  Ahmad  Bakatsir?  Dan  apa makna unsur intrinsik didalamnya? Penelitian  ini  menggunakan  metode kualitatif  sesuai  dengan  data  yang  diperoleh berupa kata-kata dan kalimat yang mengandung unsur intrinsik. Karena Pendekatan kualitatif merupakan  salah  satu  pendekatan  yang  mengungkapkan  gejala  secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri  peneliti  sebagai  instrumen  kunci  tanpa  menggunakan  angka-angka  dalam penyajian datanya.
Pada novel “Wa Islamah” karya Ali Ahmad Bakatsir, peneliti menemukan nilai-nilai unsur intrinsik didalamnya. Novel yang bertemakan cinta dan perjuangan dengan tokoh utama Saifuddin Qutuz (Mahmud) dan Julnar (Jihad) ini terjadi pada masa penyerangan bangsa Tatar di Negara-negara kaum muslimin. Banyak sekali kejadian-kejadian dalam novel yang berlatar Negara Mesir. Perjuangan kaum muslimin mengusir penjajah dari Negara Islam berakhir dengan kemenangan Islam yang gemilang. Begitu juga dengan kisah cinta kedua tokoh utama novel ini, setelah berpisah sekian lama, akhirnya mereka bertemu dan menikah. Akan tetapi kehidupan bahagia hanya berlangsung sementara, karena Julnar meninggal akibat di bunuh tentara Tatar di peperangan „Ain Jalut untuk melindungi Qutuz. Qutuz pun meninggal di tangan sahabatnya sendiri akibat kesalahpahaman Baibars terhadap Qutuz. Pesan dari novel ini adalah hendaknya bersabar terhadap semua ketentuan Allah sampai Allah memberi jalan keluar dari arah yang tidak disangka. Dan Allah pula tidak menyia-nyiakan pahala orang yang bersabar untuk meraih ridho-Nya.

Kata Kunci: Unsur Intrinsik, Novel Wa Islamah, Ali Ahmad Bakatsir.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi