Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

12. Perbandingan Kinerja Keuangan Antarabank Muamalat Indonesia Dan Pt Bank Panin Dubai Syariah Setelah Masuknya Investasi Modal Asing

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Indonesia sebagai negara berkembang sangat membutuhkan dana  yang lumayan  besar untuk  melaksanakan  pembangunan  Nasional.  Dana  yang besar tersebut harus dipenuhi untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju, baik di kawasan Nasional maupun Internasional. Dalam hal pembangunan, diperlukan adanya modal atau investasi besar-besaran. Karena modal merupakan suatu aspek penting di perusahaan baik dalam pembukuan bisnis maupun pengembangannya.  Oleh  sebab  itu,  perusahaan  wajib  menentukan  seberapa banyak  modal  yang  diperlukan  untuk  membiayai  bisnisnya.  Dana  perusahaan dapat bersumber dari dalam maupun dari luar perusahaan.
Modal dapat diartikan sebagai suatu kepemilikan yang mewakili kepentingan pemilik dalam suatu perusahaan. Pemegang saham yang memiliki modal   dapat   menempatkan   modal   tersebut   pada   bank   dengan   harapan memperoleh  keuntungan  di  masa  yang  akan  datang.  Menurut  Jahnson  dan Jahnson, modal bank mempunyai tiga fungsi. Pertama, sebagai penyangga untuk menyerap kerugian operasional dan kerugian lainnya. Dalam fungsi ini modal memberikan perlindungan terhadap kegagalan atau kerugian bank dan perlindungan terhadap kepentingan para deposan. Kedua, sebagai dasar bagi penetapan batas maksimum pemberian kredit. Ketiga, modal juga menjadi dasar perhitungan bagi para partisipan untuk mengevaluasi tingkat kemampuan bank
secara relatif dalam menghasilkan keuntungan (Arifin 2006, 135-136).
Sejak tahun 1967 kegiatan penanaman modal di Indonesia telah dimulai, yaitu sejak dikeluarkannya Undang-undang Nomor 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing dan Undang-undang Nomor 6 tahun 1968 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri. Dalam kerjasama investasi pastisipasi asing melalui suatu perusahaan yang saham-sahamnya dimiliki secara bersama (joint venture corporation), relatif lebih kompleks dan diadakan dalam jangka waktu yang  panjang.  Modal  asing  yang  berpatungan  merupakan  modal  asing  yang bekerja sama dengan penanam modal Indonesia, dimana saham yang dimiliki oleh pihak asing maksimal 95%, sedangkan pihak menanam modal Indonesia, minimal modalnya 5% (Salim dan Sutrisno 2008, 149).
Unsur utama dalam  perkembangan  dan  pertumbuhan  suatu  perusahaan adalah Investasi. Investasi berdasarkan asetnya merupakan salah satu jenis investasi. Investasi berdasarkan asetnya adalah penggolongan investasi dari aspek modal atau kekayaannya. Pada umumnya investasi ini dibagi menjadi dua yaitu real asset merupakan investasi yang berwujud seperti tanah, mesin-mesin, gedung dan sebagainya, dan financial asset merupakan dokumen (surat-surat), kontrak- kontrak tertulis seperti saham dan obligasi (Sharpe dkk 1999, 1).
Secara umum, ada beberapa alasan bagi bank untuk go public yaitu dalam rangka menambah modal, meningkatkan ekspansi kredit, meningkatkan likuiditas perusahaan, supaya kinerjanya lebih transparan. Selain itu, perusahaan jelas mencatat beberapa hal positif dalam melakukan penawaran umum (go public), diantaranya catatan keuangan yang baik, perolehan keuntungan, pembesaran volume usaha karena membesarnya potensi laba, posisi perusahaan dimasyarakat (Nasarudin dkk 2008, 214). 
Sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memproyeksikan peluang dana asing yang sangat besar ditahun 2009 terhadap perbankan syariah di Indonesia. Ketentuan yang memperbolehkan kepemilikan saham suatu bank oleh pihak asing melalui cara kepemilikan asing dan kemitraan di Bank Umum Syariah dengan batas kepemilikan maksimal 99%. Sebagaimana telah di atur dalam Peraturan Bank Indonesia No. 11/3/PBI/2009 tentang Bank Umum  Syariah.  Peraturan  Bank  Indonesia  No.  11/3/PBI/2009  tentang  Bank Umum Syariah. Yang berbunyi:
Pasal 6 ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa: “kepemilikan oleh warga negara asing dan/atau badan hukum asing paling banyak sebesar 99% (sembilan puluh sembilan persen) dari modal disetor Bank.”
Seperti yang diketahui bahwa Bank Syariah merupakan lembaga intermediary (perantara) yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit (pembiayaan) dan/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat  dengan  menjalankan  usahanya  berdasarkan  prinsip  syariah.  Perbankan boleh dimiliki pihak asing dengan cara kemitraan karena lembaga keuangan bank merupakan instrumen yang digunakan dalam proses perekonomian suatu negara untuk  membantu  roda  perekonomian  Indonesia.  Di  Indonesia  mendapatkan bantuan modal dengan adanya investasi modal asing diperbankan, hanya saja ada kendala yang mungkin timbul dikemudian hari yaitu karena porsi kepemilikan saham oleh pihak asing yang telah dikeluarkan terlalu besar, yaitu sebesar 99%. 
Modal  inti  (core  capital)  dan  kuasi  ekuitas  merupakan  sumber  utama modal Bank Syariah. Modal inti adalah modal yang berasal dari para pemilik bank, yang terdiri dari cadangan, modal yang disetor oleh para pemegang saham dan laba yang ditahan. Sedangkan kuasi ekuitas adalah dana-dana yang tercatat dalam rekening-rekening bagi hasil (mudharabah). Modal inti inilah yang berfungsi sebagai penyangga dan penyerap kegagalan atau kerugian bank dan melindungi kepentingan  para pemegang rekening titipan (wadi‟ah). Ketentuan tentang aspek permodalan bank-bank syariah telah di tetapkan oleh Bank Indonesia. Bank Syariah wajib menyediakan minimum sebesar 8% dari aktiva tertimbang menurut resiko, yaitu resiko penyaluran dana dan resiko pasar, dalam hal ini resiko nilai tukar.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi